Wednesday, April 27, 2016

Perihal Buah Nenas ( Ananas camosus )- khasiat dn bahaya nanas


Khasiat Dan Bahaya Nanas

Nanas

Kata 'Nanas' berasal dari sebutan orang Tupi yang menyebutnya : 'Anana', yang bermakna "buah yang sangat baik". Nanas, nenas, atau ananas (Ananas comosus (L.) Merr.) adalah tumbuhan tropis yang berasal dari Brazil, Bolivia, dan Paraguay. Dalam bahasa Inggris buahnya disebut sebagai pineapple karena bentuknya yang seperti pohon pinus.



Buah ini memiliki mata yang banyak dan memiliki warna kuning keemasaan dengan tinggi pohon sekitar 50-150 cm. Daun berkumpul dalam roset akar dan pada bagian pangkalnya melebar menjadi pelepah. Helaian daun berbentuk pedang, tebal, liat, berujung lancip menyerupai duri. Buah nanas rasanya enak, asam sampai manis. Nanas memiliki segudang khasiat untuk tubuh, baik untuk kecantikan maupun kesehatan, bahkan juga digunakan sebagai pengempuk daging.


Isi kandungan Nanas



  • Vitamin A dan C sebagai antioksidan.

  • Kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, dekstrosa, sukrosa.

  • Bromelain diketahui berkhasiat sebagai anti radang, membantu melunakkan makanan di lambung, serta menghambat pertumbuhan sel kanker.

  • Aspartic acid yang berfungsi sebagai asam amino di dalam tubuh sehingga membantu proses metabolisme tubuh. Asam ini juga membantu membuang asam amonia di dalam tubuh, yang merupakan racun berbahaya bagi sistem saraf pusat. 
  • Kandungan serat pada buah nanas juga dapat mempermudah buang air besar pada penderita sembelit. Penelitian bahkan menyebutkan nanas mempunyai asam amino esensial dan non esensial untuk membantu memperkuat sistem imun dalam tubuh, mengatasi kelelahan dan meningkatkan stamina dan energi



Kelebihan Buah Nanas



Nanas memiliki banyak khasiat untuk tubuh kita, baik untuk kecantikan maupun kesehatan. Pohon nanas sendiri dapat tumbuh subur di daerah beriklim tropis seperti di indonesia dengan masa panen relatif singkat, yaitu antara 2 sampai 3 kali setahun.

Dengan berbagai kandungan yang dimiliki, tidak mengherankan jika buah ini banyak memiliki khasiat untuk mengatasi penyakit. Diantaranya mengurangi keluarnya asam lambung yang berlebihan, membantu mencernakan makanan di lambung, antiradang, peluruh kencing (diuretik), membersihkan jaringan kulit yang mati (skin debridement), menghambat pertumbuhan sel kanker dan menghambat penggumpalan trombosit (agregasi platelet).

Tak hanya buahnya saja yang berkhasiat, tetapi bagian lain dari  nanas juga berkhasiat seperti, kulit yang berfungsi untuk membersihkan  batu marmer.

Daun  nanas berfungsi sebagai piretik (penurun panas). Lantas kita selalu berpikir tentang kandungan apa yang ada pada buah nanas ? diantaranya adalah Vitamin C yang cukup tinggi atau sekitar 12 mg dalam 78 gr nanas.

Nanas juga  mengandung phitochemical yang baik untuk kesehatan. Phitochemical adalah zat, bukan gizi yang dapat dijumpai pada tumbuhan yang memilki aktifitas biologi yang menguntungkan tubuh, yakni sebagai antioksidan. Selain itu nanas juga mengandung enzim bromelain yang dapat mengubah protein pada susu daging dan gelatin sehingga membuat bahan makanan menjadi basah.

Karena sifatnya itu, nanas dapat mengempukan daging dengan meletakkan potongan nanas di atasnya, namun jangan terlalu lama supaya tidak mengalami kelembekkan.

Meskipun terasa asam buah nanas tidak berbahaya bagi penderita maag. Kandungan phitochemicalnya dapat menurunkan PH tinggi hingga dapat mengontrol asam lambung. Untuk menambah khasiatnya nanas lebih baik dikonsumsi secara utuh. Seperti untuk campuran selada buah dan es buah. Tetapi perlu diingat juga, nanas yang  telah diolah menjadi dodol nanas, kripik nanas atau olahan nanas lainnya, zat gizi atau enzimnya sudah tidak utuh lagi.

Agar dapat  memanfaatkan nanas secara optimal kita juga perlu memanfaatkan kualitas dari nanas tadi. Pilihlah nanas yang telah matang, jangan yang rusak atau cacat yang warnanya kecoklatan dan kalau bisa yang masih mengandung kadar air.

Buah ini juga mengandung kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, dekstrosa, sukrosa, dan enzim bromelain.

Bromelain berkhasiat sebagai antiradang, membantu melunakkan makanan di lambung.


Beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan buah nanas



  • Air perasan Nanas (jus) : Cacingan, radang tenggorokan, Beri-beri, menurunkan berat badan dan masalah pencernaan.

  • Daun Nanas : Untuk luka bakar, gatal dan bisul (ditumbuk halus, balurkan pada yang sakit)

  • Ketombe : Sediakan 1/4 buah nanas masak. Kupas kulitnya, lalu parut, peras, dan saring. Tambahkan air perasan 1 buah jeruk nipis dan aduk sampai rata. Gunakan ramuan ini untuk menggosok kulit kepala yang berketombe. Lakukan malam sebelum tidur. Keesokan paginya rambut dikeramas. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu.

  • Peradangan kulit : Sediakan 1/2 buah nanas yang telah masak. Ambil parutannya saja lalu gosokan  ke kulit yang bersisik dan mengelupas. Lakukan pada malam hari sebelum tidur. Keesokan paginya baru dicuci bersih. Lakukan setiap hari.

  • Sembelit : Sediakan 3 buah nanas yang belum masak/ yang sedikit asam, lalu peras ambil airnya perasan

  • Radang tenggorokan : Buatlah jus nanas kemudian minum 3 kali sehari, sebanyak 1/3 bagian



Bahaya Nanas



  • Nanas muda mengandung abortivum atau sejenis obat yang dapat menggugurkan kandungan. Karena itu, nanas dapat digunakan untuk melancarkan terlambat haid. Karena itu, perempuan hamil dilarang mengkonsumsi nanas muda.

  • memicu rematik. Di dalam saluran cerna, buah nanas terfermentasi menjadi alkohol. Ini bisa memicu rematik gout. Penderita rematik dan radang sendi dianjurkan untuk membatasi konsumsi nanas.

  • Buah nanas masak mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Jadi, bagi penderita diabetes, sebaiknya tidak mengonsumsi nanas secara berlebihan.

  • Terkadang sehabis makan nanas segar, lidah terasa gatal. Untuk menghindarinya, sebelum dimakan, rendamlah potongan buah nanas dengan air garam.





Buah nanas merupakan salah satu buah yang memiliki segudang khasiat dan manfaat bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan buah nanas kaya akan vitamin A dan C, serat, kalium, fosfor dan kalsium.
Di samping itu, buah dengan rasa manis, asam dan asin ini mudah diolah menjadi makanan dan minuman yang beraneka ragam, seperti jus, salad, rujak, campuran es krim dan sebagainya.

Tahukah kamu bahwa buah nanas ternyata mempunyai beragam manfaat dan khasiat yang luar biasa. Selain dapat mencegah radikal bebas, buah nanas dapat digunakan untuk mengobati batuk dan demam, memperlancar sistem pencernaan, mencegah osteoporosis, mencegah tekanan darah tinggi, serta menurunkan berat badan. Lalu apa saja manfaat buah nanas lainnya? Yuk kita simak bersama.

Aneka Manfaat dan Khasiat Buah Nanas

Menangkal Radikal Bebas
Kerusakan akibat radikal bebas dalam sel dapat memicu berbagai penyakit termasuk kanker, asma, arthritis, penyakit jantung dan berbagai gangguan inflamasi lainnya. Buah nanas kaya akan antioksidan yang bekerja untuk membentengi dan melindungi tubuh dari radikal bebas.

Kendati tubuh dapat mengatasi radikal bebas dengan sendirinya, tapi jika tubuh kekurangan antioksidan, perkembangan radikal bebas akan menjadi tidak terkendali dan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Memperbaiki Sistem Pencernaan
Nanas juga bisa bertindak sebagai tonik dan meredakan banyak gangguan pencernaan karena buah ini kaya bromelain, vitamin C dan serat makanan. Enzim bromelain berfungsi untuk membantu sistem pencernaan yaitu memecah makanan dan menyerap protein.

Jika kamu kesulitan buang air besar, cobalah terapi buah nanas. Caranya, minumlah setengah gelas jus buah nanas setiap hari setelah makan dan rasakan khasiatnya.

Menyembuhkan Demam dan Batuk

Bromelain juga memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu dalam memerangi infeksi mikroba. Buatlah jus nanas segar guna membantu dalam meredakan sakit tenggorokan, dan mengeluarkan lender penyebab batuk.

Bahkan, minum jus nanas lima kali lebih efektif daripada sirup obat batuk. Selain berkhasiat mengobati batuk, buah nanas juga bisa kamu manfaatkan untuk menyembuhkan demam.

Mencegah Osteoporosis
Nanas juga berkhasiat dalam meningkatkan kesehatan tulang. Kehadiran mangan dalam buah ini terbukti mampu meningkatkan kekuatan tulang dan mengurangi risiko masalah kerusakan tulang seperti osteoporosis. Mangan sangat penting dalam mengembangkan tulang yang kuat dan jaringan ikat.

Menjaga Kesehatan Mulut
Mengkonsumsi jus nanas rutin setiap hari berguna dalam meningkatkan kesehatan mulut yang baik. Vitamin C yang hadir di dalamnya berkhasiat memperkuat gusi dan menjaga kesehatan gigi agar tetap kuat. Juga, buah tropis ini membantu dalam membatasi pembentukan plak dan penyakit gusi lainnya.

Meningkatkan Penglihatan
Beta-karoten dan vitamin A dalam jus nanas segar membantu dalam meningkatkan penglihatan. Selain itu, nutrisi itu juga bermanfaat dalam mengurangi risiko degenerasi makula, gangguan mata di mana orang dewasa kehilangan penglihatan mereka, tidak dapat membaca dan mengidentifikasi benda-benda dengan jelas.

Mengurangi Penggumpalan Darah
Bromelain membantu mengurangi pembekuan darah dalam tubuh. Oleh karenanya, buah ini sangat pas dikonsumsi mereka yang beresiko mengalami pembekuan darah.

Mencegah Hipertensi
Buah nanas segar sangat ampuh mengatasi penyakit darah tinggi. Jumlah kalium yang tinggi dan jumlah natrium yang rendah dalam buah ini menjaga tingkat tekanan darah dalam tubuh tetap normal.

Menjaga Kesehatan Kulit
Kehadiran vitamin C dalam nanas tidak hanya membantu dalam menyingkirkan jerawat, tetapi juga membuat kulit sehat serta telihat muda. Apalagi, enzim bromelain yang ada dalam buah nanas semakin menguatkan vitamin C dalam menyembuhkan penyakit.

Menurunkan Berat Badan
Nanas memiliki kadar air yang sangat tinggi dan rendah lemak. Buah ini cocok untuk mereka yang sedang menjalani diet menurunkan berat badan karena meningkatkan rasa kenyang dan memberikan energi tanpa memberikan terlalu banyak kalori.

Meringankan Rasa Sakit Saat Menstruasi
Bromelain membantu dalam relaksasi otot-otot dan meredakan sakit kram saat menstruasi dan gejala menstruasi lainnya.

Meredakan Mual
Mengkonsumsi semangkuk buah nanas segar atau jus nanas mampu mencegah mual di pagi hari atau morning sickness. Resep ini sangat mujarab untuk ibu hamil yang kerap mengalami mual.

Mengurangi Peradangan
Nanas umumnya dikenal sebagai buah anti-inflamasi. Ekstrak bromelain membantu pencernaan dan bertindak sebagai agen anti-inflamasi, salah satunya mengurangi rasa sakit arthritis.

Meningkatkan Kekebalan
Kaya vitamin C, nanas membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan efek antioksidan yang kuat, buah ini melindungi tubuh dari bakteri penyebab penyakit dan virus.

Menjaga Kesehatan Jantung
Jantung sehat merupakan kunci utama untuk hidup panjang dan sehat. Antioksidan kuat yang terkandung dalam buah nanas memerangi radikal bebas dan menurunkan kadar kolesterol, yang membantu mencegah penyakit jantung.

Mengatasi Ketombe
Selain manfaat di atas, buah nanas juga efektif untuk menjaga kesehatan rambut. Untuk mengatasi ketombe, campur perasan air nanas dan jeruk nipis, lalu pijatkan pada kulit kepala secara perlahan. Terapkan secara rutin, niscaya ketombe akan hilang.

Memperbaiki Kualitas Sperma
Salah satu manfaat ajaib buah nanas lainnya yaitu meningkatkan kualitas sperma. Konsumsilah nanas secara teratur guna mendapatkan kesuburan sperma.

No comments: