Monday, January 16, 2017

Kenali Flora edibel - Kedondong ( Spondias dulcis )


Buah kedondong ( Canarium spp. / Spondias dulcis )


framesYosriPokokKedondongPutik.jpg


Kedondong ialah sejenis tumbuhan yang terdapat di hutan Malaysia serta di negara-negara ASEAN yang lain. Nama botaninya Canarium spp. [1]
Buah kedondong dipanggil dengan nama buah Amrah di hilir Perak.
Menurut kepercayaan masyarakat setempat, buah kedondong sedap dimakan, tidak sesuai untuk wanita hamil kerana tumbesaran bayi akan terbantut. Tidak terdapat bukti saintifik mengenai hal ini.

Pokok

Kedondong berasal dari Asia Tenggara dan Asia Selatan. Pokoknya yang cepat membesar boleh mencecah ketinggian 45 meter dan ukuran garis pusat 90 cm.

Khasiat

Buah kedondong boleh dimakan mentah. Kedondong yang hijau sesuai dibuat rojak, masak kari, acar, pengganti mangga dan limau nipis dalam sambal belacan, dibuat kerabu dan jeruk. Kedondong yang sudah masak boleh dibuat jem, jeli, jus dan sup.


TEMPO.CO, Jakarta - Kedondong sebenarnya bukan buah yang nikmat dimakan secara langsung karena rasanya yang sangat asam. Namun bila sudah diolah menjadi manisan, minuman atau dibuat rujak, kedondong bisa menjadi camilan yang enak.

Lebih dari itu, kedondong (Spondias dulcis) memiliki banyak manfaat buat kesehatan. Buah yang memiliki banyak nama di luar negeri (buah long long, pomme cythere, cajá-manga, manzana de oro, cajarana, juplon, golden apple) ini sebetulnya baik buat mata, mengontrol kolesterol, sampai mengatasi anemia.

Buah berkulit hijau dengan biji berduri ini banyak ditemui di Asia Tenggara serta pulau-pula di Karibia. Berikut manfaat kedondong buat kesehatan:

#Mencegah penyakit jantung
Kandungan kalsium pada kedondong berperan penting dalam menjaga kesehatan kardiovaskular.


#Menjaga kesehatan mata
Kedondong juga mengandung vitamin A yang sangat baik buat kesehatan mata. Vitamin ini membantu mengalirkan nutrisi yang dibutuhkan mata, juga gambar-gambar yang diterima oleh retina dan dialirkan ke otak sehingga menjadi sebuah penglihatan.

#Meningkatkan daya tahan
Nutrisi yang ada pada kedongdong dalam bentuk sukrosa juga mampu meningkatkan daya tahan tubuh.

#Antioksidan
Kandungan vitamin A dan C yang tinggi pada kedondong juga berfungsi sebagai antioksidan yang membantu menangkal radikal bebas.

#Menyembuhkan luka
Lagi, kandungan vitamin A pada kedondong sangat bermanfaat bagi tubuh, termasuk mempercepat proses penyembuhan luka.

#Mengatasi anemia
Dalam setiap 100 gram buah kedondong terkandung 30 miligram zat besi, serta vitamin B1, yang membantu pembentukan sel-sel darah merah.

#Mencegah penuaan dini
Bukan hanya mangga dan kiwi yang mengandung vitamin C tinggi. Kedondong pun demikian. Vitamin C bisa melindungi molekul-molekul penting, seperti protein, lipid, karbohidrat, dan asam nukleus dari radikal bebas, polutan, dan racun penyebab penuaan dini.

#Mengontrol kadar kolesterol
Selain sebagai antipenuaan, vitamin C pada kedondong juga bisa mengontrol kolesterol dalam darah.

#Membantu pemulihan
Jangan lupa pula, vitamin C sangat ampuh menjaga sistem kekebalan tubuh dan membantu olahragawan memulihkan kondisi setelah berlatih keras.

#Menjaga tulang dan gigi yang kuat
Kandungan fosfor pada kendondong sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.






.

No comments: