Thursday, February 8, 2018

Kenali Tumbuhan Detoksier - Penyerap bahan pencemar di sekeling anda- Dracena. Lidah Jin dsb.

Jom kenali Kenali Tumbuhan Detoksier - Penyerap bahan pencemar  di sekeling anda


Polusi udara di dalam ruangan dapat membahayakan kesehatan kita. Senyawa volatil organik (VOC) yang berasal dari asap rokok, cat, furnitur, mesin printer atau fotokopi dan berbagai produk pembersih merupakan penyebab utama polusi di dalam ruangan.
Bangunan, entah baru atau lama, dapat memiliki tingkat VOC tinggi di dalamnya. Terkadang begitu tinggi hingga Sobat dapat mencium aromanya. Menghirup sejumlah besar VOC dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka pendek maupun panjang, seperti pusing, kelelahan terus menerus, asma dan alergi.
http://media.rooang.com/2017/05/5-jenis-tanaman-hias-penyerap-polusi-udara/

Jika tanaman hias pada umumnya diletakkan di area teras atau taman, beberapa jenis tanaman hias berikut ini ternyata bisa ditanam di dalam ruangan. Selain memiliki motif bunga yang cantik, jenis tanaman ini juga mampu menyegarkan udara serta menyerap polutan dan gas berbahaya seperti benzena, xylene, siena, nitrogen oksida dan berbagai senyawa kimia lainnya. Ini dia kelima jenis tanaman penyerap polutan.


1. Bunga Krisan


Tanaman Hias Anti Racun Murah Penghisap Racun Udara. Beberapa tanaman hias ternyata tak hanya mempercantik interior maupun eksterior rumah dan cantik dipandang. Tetapi mereka juga punya manfaat sehat bagi manusia. Beberapa tanaman hias indoor ini membantu membersihkan udara di dalam rumah, sehingga sehat dan segar untuk Anda hirup kembali.


Tanaman hias biasanya ada di taman rumah namun tak ada salahnya berada dalam ruangan. Selain mempercantik, untuk tanaman yang tepat juga bisa digunakan untuk terapi dan kesehatan. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah media tanam, peletakan, perawatan, pencahayaan, dan lainnya. 

Berikut ini daftar tumbuhan yang sangat bermanfaat untuk kita, disamping menghias rumah juga bisa jadi anti polutan (menyerap udara yang beracun/berpolusi menjadi segar kembali).

1.Lidah Mertua atau Sanseviera



Senarai pokok Detosifier

Lidah Mertua

Tanaman hias pembersih udara yang satu ini sangat mudah dirawat karena bisa tumbuh di mana saja.  Tanaman ini bagusnya ditanam sepanjang pagar sebagai penangkal polusi, dapat juga diletakkan di kamar mandi atau tempat gelap, karena tanaman ini masih tetap dapat tumbuh di tempat gelapsekalipun.

Lidah buaya

Lidah buaya atau yang dengan nama latinnya disebut Aloe vera merupakan salah satu jenis tanaman hias yang dimanfaatkan sebagai penyubur rambut, penyembuh luka dan mulai dikembangkan sebagai bahan industri kosmetik, farmasi, dan makanan-minuman kesehatan ini ternyata mempunyai kemampuan sebagai penyerap polutan. Lidah buaya disinyalir mampu menetralisir racun benzena, formaldehida (formalin), dan berbagai bahan kimia lainnya.



Peace Lily
Anthurium

Anthurium bunga merupakan tanaman indoor yang menarik dan exotis pada saat bunganya mekar, tetapi bukan hanya kecantikan tampilan tanaman ini saja, tanaman ini juga sangat berfungsi, daun gelapnya efektif berfungsi menyedot zat amonia, formaldehida, toluena dan xilena, sehingga  sangat bijak bila kita pasang di area tempat kerja di perkantoran terutama di sekitar mesin fotokopi, printer atau perekat.

Spiderplant

Tanaman hias satu ini bentuknya menyerupai laba-laba, oleh karenanya dikenal sebagai spider plant. Tanaman ini dapat membuang zat karbon monoksida dan nitrogen dioksida yang ada di dalam  ruangan. Dengan meletakkan tanaman ini dalam waktu 24 jam maka ruangan akan bebas dari zat-zat polutan. Tanaman pembersih udara ini mampu menyerap benzena, formal dehida, karbon monoksida, bahan kimia pada industri kulit, karet dan percetakan.

Sirih Gading

Sirih jenis ini mempunyai corak warna gading yang menarik untuk dipandang. Tanaman sirih ini, di luar negeri dikenal dengan sebutan devil’s ivy atau pothos. Tanaman hias ini akan terlihat sangat cantik apabila ditanam pada pot gantung di dalam ruangan rumah karena daunnya yang merambat akan menjuntai ke bawah. Sirih gading juga sangat cantik apabila digantung pada dinding rumah ataupun disimpan di sisi jendela kamar. Selain itu, dapat pula diletakkan pada kamar mandi dengan pot bentuk yang transparan. Daun dari tanaman ini dapat membersihkan udara dengan cara menyerap racun-racun dari berbagai macam polutan di udara.



No comments: