Saturday, February 10, 2018

Kenali flora LIDAH BUAYA - Aloe vera- Detoksie=fier di Laman HERBA THRM

Kenali flora LIDAH BUAYA - Aloe vera- Detoksiefier di Laman HERBA THRM

Nama tempatan : LIDAHBUAYA
Nama saintifik: Aloe vera

Order: Lilalles

Famili:Asppholdaceae - Liliaceae

Asal-usul: Pulau Barabados., Amerika Tengah

Info-flora :

Lidah Buaya ialah salah satu tumbuhan antara 250 spesies Aloe serata dunia. Lidah buaya ialah tumbuhan asli kepada timur, selatan dan utara Afrika dan Madagascar dan telah diperkenalkan ke Hindia Barat dan negara-negara tropika yang lain di mana ia tumbuh liar. Ia juga telah membiak dengan baik di lembangan Mediterranean dengan merentasi Algeria, Morocco, Tunisia, serta kepulauan Canary dan Madeira. Lidah buaya telah digunakan sebagai ubatan tradisional untuk melegakan luka, ruam, demam, gatal-gatal, kulit dan banyak lagi.[perlu rujukan] Selain itu, pokok herba ini juga sangat terkenal dalam industri kosmetik dan produk kesihatan. Walau bagaimanapun ia masih kurang ditanam secara komersial di Malaysia.[1]

Info-Xtra  : https://ms.wikipedia.org/wiki/Pokok_Lidah_Buaya


Info-khasiat- kegunaan berbagai:


  • Penyubur rambut :
Daun lidah buaya segar secukupnya dibelah, diambil bagian dalam yang rupanya seperti agar-agar, digosokkan ke kulit kepala sesudah mandi sore, kemudian dibungkus dengan kain, keesokan harinya rambut dicuci. Dipakai setiap hari selama 3 bulan untuk mencapai hasil yang memuaskan.


  • Luka bakar dan tersiram air panas (yang ringan): Daun dicuci bersih, ambil bagian dalamnya, tempelkan pada bagian tubuh yang terkena api/air panas.
  • Bisul : Daun dilumatkan ditambah sedikit garam, tempelkan pada bisulnya.

  • Kencing manis (Diabetes): 1 batang lidah buaya dicuci bersih, dibuat durinya, dipotong-potong seperlunya direbus dengan 3 gelas air sampai menjadi 1 1/2 gelas. Diminum sehari 3 x 1/2 gelas, sehabis makan.
  • Batuk rejan : Daun sekitar 15 – 18 cm, direbus kemudian ditambah gula, minum.

Syphilis : Bunga ditambah isi daunnya: Direbus, minum.

  • Cacingan, susah buang air kecil: 15 – 30 gram akar kering lidah buaya direbus, minum.
  • Luka terpukul, luka dalam (muntah darah): 10 – 15 gram bunga kering lidah buaya direbus, minum atau bunga ditim dengan arak putih, untuk pemakaian luar.
  • Kencing darah : 15 gram daun lidah buaya diperas, ditambah 30 gram gula, ditambah air beras secukupnya, minum.

Buasir : 1/2 batang daun lidah buaya dihilangkan duri-durinya, cuci bersih lalu diparut. Tambahkan 1/2 cangkir air matang dan 2 sendok makan madu, aduk, saring. Minum sehari 3 kali.

Sembelit : 1/2 batang daun lidah buaya dicuci dan dibuang kulit dan durinya, isinya dicincang, lalu diseduh dengan 1/2 cangkir air panas dan tambahkan 1 sendok makan madu, hangat-hangat dimakan, sehari 2 kali.

PERHATIAN :
Dilarang pakai untuk wanita hamil, gangguan pada sistem pencernaan dan diare.
sumber : IPTEKnet, Sentra Informasi IPTEK


Cacingan susah buang air kecil : Akar lidah buaya dicuci dan dijemur sampai kering. Rebus dengan segelas air sampai airnya tinggal setengah. Diminum sekaligus.
Ambeien : 1/2 batang daun lidah buaya dibuang duri-durinya, dicuci lalu diparut. Beri 1/2 gelas air. Peras. Beri 2 sendok makan madu. Minum 3x sehar
Jerawat, noda-noda hitam : Daun lidah buaya dicuci dan dikupas. Isinya diblender. Seperlima gelas cairan diadukdengan tepung beras (bedak) dingin sampai kental. Aduk rata dan laburkan ke wajah. Biarkan selama 30 menit, baru dibilas.
Batuk (yang membandel) : 20 g daun lidah buaya dicuci, dikupas, dipotong-potong. Beri 2 sendok makan madu murni. Minum 2x sehari. Ulangi selama 10 hari.
Diabetes : 2 daun lidah buaya, dicuci, dibuang durinya, dipotong-potong. Rebus dengan 3 gelas air. Saring. Minum 2 – 3x sehari, sesudah makan. Sekali minum 1/2 gelas.
Radang tenggorokan : 1 daun lidah buaya dicuci dan dikupas. Isinya dipotong-potong atau diblender. Beri madu murni dan minum 3x sehari.
Menurunkan kolesterol : 30 g daging lidah buaya, 1 buah apel dikupas/buang biji, blender.
Catatan :
* Jangan digunakan oleh wanita hamil.
* Lendair  daun lidah buaya yang dikupas, segera menjadi kecoklatan dan mencair kalau kena udara. Jadi, pengobatan luka terbuka perlu dilakukan secepatnya!

sumber: WARINTEK, Warung Informasi Teknologi



  • Penurun kadar gula darah
Cara Meramu: 1 pelepah lidah buaya ukuran besar (kira-kira seukuran telapak tangan) dibersihkan dengan mengupas kulit dan durinya. Rendam sekitar 30 menit dalam air garam. Remas sebentar lalu bilas di bawah air yang mengalir (air kran). Rebus dengan 3 gelas air hingga mendidih. Dinginkan. Minum sebanyak 1/2 gelas, 2 sampai 3 kali sehari.
sumber : www.purwakarta.org


  • Lidah buaya untuk perawatan kulit berminyak bisa juga dijadikan sebagai masker wajah. Berikut resepnya:

* 1 sendok makan masker lumpur
* 1 sendok makan jus lidah buaya
* 1 sendok makan tepung hazel
*air secukupnya untuk membuat bahan-bahan ini jadi pasta
* tambahkan 1 tetes essential tea tree oil
* 1 tetes essential oil lavender
* 1 tetes essential oil peppermint
Campurkan semua bahan, oleskan dan didiamkan selama 15 menit dan basuh dengan air hangat lalu percikkan air dingin.
sumber: KapanLagi.com


Lidah Buaya berais
Bahan:
2 bh lidah buaya ukuran besar
sirup berwarna merah/ hijau siap pakai
es batu

Cara membuat:
1. Potong lidah buaya menjadi 3-4 bagian, lalu kupas kulitnya sampai bersih.
2. Potong-potong lidah buaya bentuk dadu, lalu cuci sambil diremas-remas sampai lendirnya hilang.
3. Siram lidah buaya dengan air panas secukupnya, tiriskan.
4. Buat 8 gelas minuman sirup sesuai selera, masukkan potongan lidah buaya. Biarkan 1-2 jam hingga sirup meresap ke dalam isi lendair lidah buaya. Sajikan lidah buaya dengan es batu.

https://jepretanhape.wordpress.com/2009/02/08/lidah-buaya-juga-berbunga/

No comments: