Saturday, May 14, 2016

HARI TERTAWA SEDUNIA - Minggu pertama Mei

Hari Tertawa Sedunia



Laught


Tahukah kamu kalau hari Minggu pertama bulan Mei adalah Hari Tertawa Sedunia atau World Laughter Day. Perayaan untuk pertama sekali dilakukan pada tanggal 11 Januari 1998, di Mumbai, India, dipelopori oleh Dr Madan Kataria, pendiri gerakan Laughter Yoga di seluruh dunia. 

Di Indonesia sendiri Perayaan Hari Tertawa Sedunia masih belum terlalu antusias, seperti yang di peringati di arena Car Free Day, tepatnya di sekitar bundaran Hotel Indonesia. Tidak banyak pesertanya, hanya 2 relawan dari Republik Aeng-aeng yang berdiri dengan membentangkan poster bergambar tokoh-tokoh lucu dari dunia pewayangan, yakni para punokawan.


Terlepas dari merayakan atau tidak hari tertawa sedunia, yang pasti tertawa dapat memberikan manfaat yang luarbiasa bagi kita.

Berikut beberapa manfaat dari ketawa :

  1. Mencegah berkembangnya hormon penyebab stres (adrenalin)  dan meningkatkan sel pembentuk sistem kekebalan tubuh. Menggalakkan hormon ceria ..endorfin untuk dibebaskan.
  2. Ketawa akan melatih otot diafragma sehingga menyehatkan jantung. Tahukah anda, tertawa 100 kali setara dengan 15 menit bersepeda?
  3. Tertawa menyediakan sarana pelepasan fisik dan emosional secara gratis, anda akan merasa dibersihkan setelah mengeluarkan tawa.
  4. Mampu membentuk pikiran positif karena tertawa akan memusnahkan rasa marah, stres serta emosi negatif lain.
  5. Mengubah perspektif "ancaman" sebagai "tantangan" yang positif sehingga menghilangkan rasa takut dan tidak percaya diri.
  6. Membakar kalori tanpa disadari. Tahukah anda, tertawa selama 15 menit akan membakar 50 kalori dalam tubuh?

No comments: